Wowbogor.com merupakan salah satu e-commerce penyedia berbagai voucher promo produk dan jasa di Bogor. Wowbogor.com lahir dari kesadaran pentingnya kemudahan berbelanja bagi publik internet yang terus berkembang.

Misteri Empang Bogor, Ternyata Mirip Cerita Danau Toba

1,343

Nama Empang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pematang penahan air; bendungan; tebat; kolam tempat memelihara ikan; tambak. Di Bogor sendiri ada kawasan yang kerap kali disebut Empang, tepatnya salah satu kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Nah, perihal penamaan Empang Bogor bermula dari sebuah cerita masyarakat kuno, ceritanya mirip dengan asal mula Danau Toba lho ternyata. Bermula dari seorang pemuka agama Islam bernama Al-Habib Adbullah Bin Mukhsin Al-Attas yang berasal dari Negeri Yaman.

 

Sang Habib Empang Bogor dan ceritanya

Saat perjalanan ke Kota Bogor, Habib Adbullah Bin Mukhsin Al-Attas tidak membawa bekal apa-apa yang biasa dibawa oleh seseorang yang dalam perjalanan jauh. Empang Bogor saat itu adalah kawasan yang masih sepi. Daerahnya masih berupa perbukitan yang dikelilingi oleh semak dan hutan yang rindang. Daerah yang sejuk dan tenang inilah kemudian memikat hati sang Habib Adbullah Bin Mukhsin Al-Attas untuk bermukim dan mendekatkan diri kepada Allah.

https://blog.wowbogor.com/2018/04/11/misteri-empang-b…erita-danau-toba/
IG @dea.kariza

 

Kedatangan sang Habib ke daerah Empang Bogor tersebut terdengar oleh penduduk sekitar. Tak heran, karena keilmuanya juga sudah banyak yang mengetahuinya. Namun, ada niatan yang timbul dari seorang penduduk sekitar untuk mencoba ilmu yang dimiliki Habib dan ingin mendatanginya.

Kebetulan pada saat disambangi, sang Habib sedang enak makan ikan di pinggir kolam. Tanpa basa-basi penduduk tadi langsung bertanya dan berkata apakah Anda itu seorang wali yang berilmu tinggi? Jika memang benar, tunjukkan kepadaku akan kekramatan yang kau miliki. Tanpa basa-basi pula sang Habib langsung berkata (Yaa sama Anjul ilaman Tabis / wahai ikan jika engkau benar-benar cinta kepadaku maka tunjukanlah). Saat itu pula seekor ikan yang tadi dimakannya langsung hidup kembali dan lonjat ke kolam. Yang konon kabarnya ikan tersebut masih hidup dilautan luas hingga kini.

Setelahnya, penduduk yang tadinya ingin menjajal ilmu sang Habib langsung menjadi pengikutnya. Semakin hari pun murid beliau semakin bertambah. Namun karena pada saat itu nama asli beliau susah untuk disebutkan, maka penduduk sekitar menyebutnya dengan sebutan Habib Empang.

Karena makin terkenalnya sang Habib Empang sampai keluar daerah, sesuai tradisi dan kebiasaan orang arab yang biasa menyematkan nama daerah pada nama sebutannya, maka jadilah dengan sebutan Habib Empang Bogor. Nama itu sampai sekarang masih menjadi tren yang terkenal ketimbang nama aslinya sang Habib Adbullah Bin  Mukhsin Al-Attas. Dan semenjak itulah kawasan tempat singgah sang Habib terkenal dengan sebutan Empang Bogor hingga kini.