Wowbogor.com merupakan salah satu e-commerce penyedia berbagai voucher promo produk dan jasa di Bogor. Wowbogor.com lahir dari kesadaran pentingnya kemudahan berbelanja bagi publik internet yang terus berkembang.

Begini Caranya Agar Makanan Bersantan Tidak Cepat Basi

1,235

Yaps, makanan bersantan selalu jadi makanan favorit banyak orang karena rasanya yang sedap dan gurih. Mulai dari kare, soto, gulai, hingga dessert pun tak luput dari tambahan santan. Namun, dibalik rasanya yang enak, makanan bersantan ini ternyata cepat sekali basi. Duh sayang banget ya. Nah agar tidak cepat basi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan nih.

Proses memasak makanan bersantan :

http://blog.wowbogor.com/2018/01/27/begini-caranya-agar-makanan-bersantan-tidak-cepat-basi/
blog.domadom.com.ua


1. Kupas kulit ari kelapa


Jika kamu membuat santan dari kelapa yang masih memiliki kulit ari yang biasanya berwarna kecoklatan. Nah, kupaslah kulit ari ini agar hasil santan tidak cepat basi.


2. Gunakan air matang untuk memeras santan


Air bersih dan matang dapat menjaga santan lebih higienis. Selain itu, pastikan kamu menggunakan suhu air yang hangat. Air matang dan hangat biasanya lebih bersih sehingga mencegah bakteri pembusuk bekerja.

 

Proses penyimpanan makanan bersantan

http://blog.wowbogor.com/2018/01/27/begini-caranya-agar-makanan-bersantan-tidak-cepat-basi/
ResepKoki


1.Simpanlah dalam kulkas


Setelah disajikan dalam suhu ruangan, letakkan makanan bersantan ke wadah tertutup. Jika makanan masih banyak, tutup dengan plastic wrap agar kedap udara. Setelah itu, simpan dalam kulkas.

 

2. Hangatkan terlebih dahulu makanan bersantan


Jika ingin menyimpan makanan bersantan di luar kulkas, kamu dapat mendidihkannya terlebih dahulu. Panaskan makanan hingga mendidih, lalu biarkan beberapa saat hingga makanan kembali bersuhu ruangan. Setelahnya itu, tutup panci dan simpan di tempat kering.


3. Jangan diaduk setelah dipanaskan


Jika terpaksa mengaduk makanan setelah dipanaskan, kamu diwajibkan kembali memanaskannya hingga mendidih sebelum makanan disimpan.


4. Simpan dalam freezer


Jika tidak ingin mengonsumsi makanan bersantan dalam waktu 2 hari ke depan, kamu dapat menyimpannya dalam freezer. Masukkan makanan dalam wadah tertutup atau plastik tebal, lalu bekukan dalam freezer. Jangan simpan lebih dari 1 minggu.

 

Nah, semoga tips di atas bisa membantu kamu ya. Sayang kan makanan enak cepet sekali basi gara-gara kamu ceroboh.