Wowbogor.com merupakan salah satu e-commerce penyedia berbagai voucher promo produk dan jasa di Bogor. Wowbogor.com lahir dari kesadaran pentingnya kemudahan berbelanja bagi publik internet yang terus berkembang.

Bikin Merinding, Ini 5 Mitos di Kebun Raya Bogor yang Wajib Kamu Tau

1,594

Bogor punya banyak tempat wisata keren yang wajib dikunjungi. Tak hanya diincar karena punya banyak spot berfoto selfie, beberapa wisata di Bogor juga punya fungsi sebagai sarana edukasi. Kebun Raya Bogor adalah salah satunya. Namun siapa sangka jika kebun botani seluas 87 hektar dengan 15.000 koleksi pohon dan tumbuhan ini juga didatangi karena mitosnya.

Yuk cari tau apa saja mitos Kebun Raya Bogor yang mungkin belum kamu tau.

 

1. Jembatan Merah Pemutus Cinta

http://blog.wowbogor.com/2018/01/18/bikin-merinding-…g-wajib-kamu-tau/
IG @rianytam

 

Jembatan Merah ini konon katanya bisa membuat pasangan kekasih putus jika berani melewatinya. Duh cinta kandas gegara lewat jembatan merah di Kebun Raya, rasanya pasti seru, hehe.

Walau hanya mitos, tapi kabarnya sudah banyak cerita sepasang kekasih yang akhirnya beneran putus setelah melewati jembatan merah yang berada di atas Sungai Ciliwung ini lho. Makanya kalau berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Khususnya di Jembatan Merah ini tidak dianjurkan bersama pasangan.

Sejauh ini, belum diketahui kapan pertama kali mitos ini muncul, tapi yang pasti saat jaman perjajahan Belanda, di sungai dan jembatan ini dipenuhi dengan mayat-mayat para pejuang yang mati memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

 

2. Pohon Jodoh, bisa bikin hubungan kamu langgeng lho

http://blog.wowbogor.com/2018/01/18/bikin-merinding-…g-wajib-kamu-tau/
IG @garahang

 

Selain Bunga Titan Arum atau bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) yang jadi daya tarik dari Kebun Raya Bogor, ada yang lain dan unik. Di tempat wisata ini ada sepasang pohon yang disebut Pohon Jodoh. Pohon Jodoh ini adalah salah satu mitos Kebun Raya Bogor yang lumayan populer dikalangan wisatawan yang pernah berkunjung. Nah, konon katanya pohon ini bisa membuat hubungan cinta jadi awet alias langgeng.

Kalau dilihat secara sekilas, memang sepasang pohon ini memang sangat serasi ya, makanya banyak wisatawan yang menyebutnya lambang cinta dari Bogor. Uniknya, ternyata kedua pohon bukan dari jenis yang sama lho. Karena beda jenis inilah banyak orang yang menganggapnya sebagai sepasang pengantin, sampai akhirnya berkembang mitos siapa saja yang duduk di bawahnya bersama pasangan maka hubungan cinta mereka awet sampai kepernikahan.

 

3. Ada sesosok harimau penjaga Makam Ratu Galuh Mangku Alam

http://blog.wowbogor.com/2018/01/18/bikin-merinding-…g-wajib-kamu-tau/
Lovely Bogor

 

Di Kebun Raya Bogor ada sebuah makan yang dikeramatkan, yakni makam Ratu Galuh Mangku Alam. Beliau ini adalah istri Prabu Siliwangi. Kabarnya makam ini sudah ada sejak 600 tahun yang lalu. Konon katanya makam Ratu Galuh Mangku Alam dijaga oleh sosok seekor harimau yang katanya juga jelmaan Prabu Siliwangi.

Nah, selain makam Ratu Galuh Mangku Alam, di Kebun Raya Bogor juga terdapat makam lain yaitu makam Mbah Jepra yang dulunya merupakan panglima kerajaan Pajajaran dan makam Senopati Mbah Baul.

 

4. Ada sesosok makhluk di Danau Gunting

http://blog.wowbogor.com/2018/01/18/bikin-merinding-…g-wajib-kamu-tau/
IG @deny.gilang

 

Nggak jauh beda dengan tempat lain yang ada di Kebun Raya Bogor, Danau Gunting juga tidak bisa lepas dengan yang namanya mitos. Salah satunya yang sering dibicarakan adalah penampakan sosok hitam dan besar di area danau ini.

Mitos lain juga dikabarkan di Danau Gunting sering terjadi penampakan sosok Noni Belanda di pulau kecil yang ada di tengah danau tersebut. Diduga itu adalah sosok Olivia Mariamne Devenish yang monumennya tidak jauh dari danau tersebut.

 

5. Komplek bekas perumahan Belanda

http://blog.wowbogor.com/2018/01/18/bikin-merinding-…g-wajib-kamu-tau/
Earth of Spirit

 

Tau nggak sih jika di bagian belakang ujung pintu gerbang, ada jalur setapak yang tidak cuma menyuguhkan pemandangan pepohonan yang rindang. Kamu juga bisa menemukan sebuah komplek bekas perumahan Belanda yang tidak berpenghuni.

Selain perumahan tersebut, di tempat ini berderet juga pemakaman kuno. Makannya di tempat ini sangat jarang dilewati karena dikenal angker. Katanya sih beberapa pengunjung pernah melihat penampakan sosok noni-noni Belanda di area pemakaman ini. Hii ngeri amat ya.

 

Nah, itulah beberapa mitos Kebun Raya Bogor yang justru menarik minat banyak wisatawan. Gimana nih, kamu percaya tidak? Buktikan sendiri saja ya 😀 .