Wowbogor.com merupakan salah satu e-commerce penyedia berbagai voucher promo produk dan jasa di Bogor. Wowbogor.com lahir dari kesadaran pentingnya kemudahan berbelanja bagi publik internet yang terus berkembang.

Diabetes, Penyebab Kematian Terbesar Ketiga di Indonesia

1,169

Diabetes masih menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia dengan presentase sebesar 6,7%, setelah stroke (21,1%), dan penyakit jantung koroner (12,9%). Penyandang diabetes pun diperkirakan akan terus bertambah banyak hingga 11,3 juta orang pada tahun 2030 di Indonesia. Ada beberapa faktor angka ini terus bertambah yaitu karena gaya hidup sendetari, makan makanan yang tidak sehat, dan konsumsi gula berlebih.

Melihat dari angka penyandang diabetes yang semakin bertambah menunjukkan diabetes bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Data Riskesdas 2013 menunjukkan terjadi peningkatan prevalensi diabetes di Indonesia dari 5,7%  pada tahun 2007 menjadi 6,9%  atau sekitar  9,1 juta pada tahun 2013. Bahkan dari data International Diabetes Federation (IDF), menurut Diabetes Atlas 5th Edition, Indonesia masuk dalam urutan 10 negara dengan penyandang diabetes usia 20 – 79 tahun terbesar di dunia dengan angka 7,3 juta orang  pada tahun 2011, dan akan ada di posisi nomor 9 di tahun 2030.

Pemicu penyakit diabetes

http://blog.wowbogor.com
HealthyCells

 

Pemicu diabetes, terutama diabetes tipe 2, bisa berasal dari konsumsi gula berlebih dan cara makan yang tidak sehat. Tidak hanya itu, hidup di zaman dengan teknologi yang semakin berkembang memang membuat hidup masyarakat menjadi lebih nyaman dan mudah, tetapi hal ini juga bisa memicu munculnya diabetes. Hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat yang kurang bergerak dan beraktivitas atau yang sering disebut sebagai gaya hidup sendetari. Bagi penyandang diabetes, aturan makan khusus atau diet serta menghindari gaya hidup sendetari dengan berolahraga sangat penting dalam membantu menangani diabetes. Kedua hal tersebut harus berjalan dengan seimbang sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan gula darah menjadi lebih baik.

Diabetes memang tidak mengenal jenis kelamin. Namun, data dari IDF menunjukan bahwa 1 dari 10 wanita sekarang ini hidup dengan diabetes dan 1 dari setiap 7 bayi yang lahir terkena dampak dari diabetes. Hal ini juga diharapkan menjadi perhatian khusus terutama bagi kaum wanita untuk mulai menjalani hidup yang lebih sehat.